Inilah 9 Manfaat Belajar Fisika yang Perlu Anda Ketahui

Manfaat Belajar Fisika Banyak anak sekolah menganggap fisika jadi salah satu mata pelajaran yang cukup menyeramkan. Meski sebenarnya juga tak sedikit pula yang memiliki ketertarikan untuk mempelajari mata pelajaran yang satu ini. Fisika adalah ilmu dasar dari fisik alam semesta dan menjelaskan serta memberikan gambaran tentang peristiwa secara ilmiah. Di balik berbagai rumus fisika ataupun istilah-istilah yang terkadang membuat pusing kepala, ternyata mata pelajaran yang satu ini memiliki banyak manfaat termasuk dalam kehidupan sehari-hari.

Manfaat Belajar Fisika dalam Kehidupan Sehari-hari

Beberapa manfaat belajar fisika berikut ini sepertinya bisa jadi dorongan lebih bagi siapa saja yang ingin mempelajari bidang studi yang satu ini.

1. Melatih berpikir logis

Dengan mempelajari fisika, ini bisa melatih cara berpikir jadi lebih logis dan sistematis dengan mendasarkan pada berbagai fakta kehidupan sehari-hari seperti gravitasi, energi, percepatan, dan lainnya. memahami berbagai konsep dan fakta unik fisika nyatanya membuat terbiasa untuk berpikir berdasarkan logika.

2. Lebih memahami fenomena alam

Dalam kehidupan keseharian, ada banyak fenomena alam bisa terjadi yang bahkan seringkali dikaitkan dengan hal-hal berbau mistis ataupun ghaib. Namun, ketika Anda belajar fisika maka Anda bisa lebih memahami bagaimana dunia ini bekerja dengan lebih masuk akal mulai dari struktur atom, mekanika kuantum, ataupun lainnya yang berkaitan dengan alam. Selain itu, fisika juga bisa membantu untuk memprediksi berbagai kejadian alam yang berpengaruh pada peradaban dan kehidupan manusia.

3. Memiliki relevansi dengan bidang sains lainnya

Fisika bisa disebut sebagai salah satu ilmu dasar ataupun landasan yang memiliki keterkaitan atau relevansi dengan perkembangan ilmu lainnya, seperti kedokteran ataupun teknik. Contohnya, seorang mahasiswa kedokteran perlu mempelajari tentang bagaimana darah serta arus udara di dalam tubuh manusia melalui konsep tekanan, resistensi terhadap aliran, serta kecepatan aliran yang mana masing-masing teori dan konsep tersebut merupakan bagian dari ilmu fisika. Inilah mengapa ketika Anda mempelajari fisika maka akan mempermudah untuk mengaplikasikannya dengan bidang ilmu lainnya.

4. Mengikuti perkembangan teknologi

Berbagai kemajuan teknologi seringkali didasarkan pada penemuan fisika ataupun improvisasi dari ilmu dasar fisika. Misalnya perkembangan nuklir, perkembangan pengetahuan roket, ataupun lainnya bisa jadi bentuk terapan dari perkembangan ilmu fisika. Memahami ilmu fisika tentunya akan semakin memudahkan dalam memahami teknologi terbaru.

5. Menantang sisi intelektual

Kebanyakan orang enggan bahkan takut untuk mempelajari ilmu fisika karena studi ini terkenal sebagai pelajaran yang sulit dan rumit. Ya, fisika memang memiliki beberapa persamaan dengan matematika yang cukup rumit, perlu memahami grafis, bahkan memerlukan pemahaman untuk menerjemahkan konsep ke dalam kehidupan nyata. Namun demikian, hal ini justru bisa menjadi sebuah tantangan secara intelektual. Cara terbaik untuk mempelajari ilmu fisika adalah melalui pendidikan formal dengan konsep yang umumnya lebih sulit dipahami dalam metode belajar mandiri.

6. Tersedia berbagai peluang kerja

Mungkin belum banyak yang menyadari bahwa lulusan bergelar fisika memiliki banyak peluang kerja yang bisa jadi pilihan. Meski gelar fisika seringkali identik dengan hal-hal yang bersentuhan sains, nyatanya lulusan fisika tidak harus melulu terjun ke dunia kerja yang berkaitan langsung dengan dunia ilmiah ataupun mengharuskan untuk menjadi ahli fisika dan ilmuwan. Tentunya bila Anda memang memiliki ketertarikan dengan dunia sains maka menjadi teknisi laboratorium, ahli astrofisika, ataupun lainnya bisa jadi langkah yang sangat menarik.

Namun, bila Anda ingin mengejar jalur karir lain di luar dunia sains secara ilmiah maka ini bukan sesuatu yang mustahil dilakukan bagi lulusan fisika. Ada beberapa sektor pekerjaan yang bisa jadi peluang menarik lulusan fisika seperti bisnis, teknologi, sektor publik dalam pemerintahan, jurnalis, ataupun lainnya.

7. Memiliki peluang bekerja di luar negeri

Tertarik untuk bekerja di luar negeri dalam waktu yang lama? Memiliki gelar fisika bisa jadi pertimbangan yang cukup menarik. Dengan gelar fisika yang Anda miliki, Anda berkesempatan untuk mendapatkan magang ataupun pengalaman kerja di luar negeri. Peluang karir yang tersedia bagi lulusan fisika di luar negeri cukup banyak sehingga dengan gelar fisika yang dimiliki maka impian untuk bekerja di luar negeri pun bisa semakin besar untuk diwujudkan.

8. Berpeluang lakukan penelitian pascasarjana

Memiliki ketertarikan lebih terhadap dunia sains terutama yang berkaitan dengan ilmu fisika sehingga Anda mendapatkan gelar sarjana fisika bisa menjadi langkah awal untuk melakukan penelitian pascasarjana. Anda bisa mengejar gelar master di bidang yang terapan seperti fisika teoretis, kosmologi, ataupun lainnya. Selain itu, Anda juga bisa mempertimbangkan gelar PhD.

Bukan hanya mengejar gelar master yang linier dengan bidang fisika saja. Anda juga bisa mengambil master pada subyek berbeda seperti keuangan. Peluang ini tentu menjadi hal yang sayang untuk dilewatkan.

9. Memiliki kebanggaan

Mempelajari fiska ternyata juga bisa memberikan kebanggan tersendiri. Sebagaimana yang telah dijelaskan di atas bahwa ilmu fisika menjadi salah satu ilmu yang cukup rumit dan bahkan tak sedikit orang memilih untuk menghindarinya. Jadi, ketika Anda memilih untuk belajar fisika, ini tentu menjadi hal yang cukup membanggakan.

Itulah beberapa manfaat belajar fisika yang ternyata cukup penting dalam kehidupan sehari-hari. Bagi yang masih berpikir bahwa fisika itu menyeramkan, rumit, susah untuk menghafalkan rumusnya, ataupun lainnya, tak ada salahnya belajar untuk lebih ramah dan menyukai mata pelajaran yang satu ini. Siapa tahu bidang studi yang awalnya tidak Anda sukai tersebut justru memberikan banyak manfaat dalam kehidupan Anda.

Demikianlah artikel ini kami sajikan guna memotivasi adik-adik agar semangat terus dalam mempelajari mata pelajaran fisika. Semua akan mudah jika kita belajar sungguh-sungguh. Artikel ini khusus disajikan buat Homeschooling Jakarta Fikar School yang merupakan Sekolah Karakter dengan metode choacing-nya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *