Panduan Menggunakan Google Search Console Untuk Meningkatkan Performa dan Traffic Web
Panduan Menggunakan Google Search Console – Google menyediakan tools gratis yang bernama Google Search Console (GSC) yang menyediakan banyak sekali informasi yang lengkap tentang performa atau kinerja website, keamanan, menampilkan error jika ada kesalahan dan masih banyak lagi yang lainnya.
Google Webmaster Tools nama lainnya juga powerfull juga untuk membantu kita dalam meningkatkan traffic atau kunjungan. Dengan data-data yang di tampilkan di GSC maka kita bisa menganalisa dan mempelajari apa saja perbaikan yang perlu kita lakukan atau tingkatkan.
Bagaimana cara kerja dan bagaimana kita bisa menggunakan GSC guna meningkatkan traffic website kita? Itulah yang kita bahas pada artikel kali, jadi tetap berada dihalaman ini dan baca sampai selesai ya .
Apa itu Google Search Console
Pada artikel sebelumnya pernah kita bahas apa itu google search console, namun untuk mengingatkan kembali kita coba ulas lagi sedikit apa itu google search console.
Google Search Console (dahulu dikenal sebagai Google Webmaster Tools) adalah alat gratis dari Google yang memungkinkan pemilik situs web untuk melacak kinerja situs mereka di hasil pencarian Google dan menerima informasi penting tentang situs mereka.
Google Search Console dapat membantu Anda memahami bagaimana Google mengindeks situs Anda, menemukan masalah teknis dan kesalahan di situs Anda, mengetahui kata kunci apa yang membawa pengunjung ke situs Anda, melihat bagaimana tautan eksternal mempengaruhi situs Anda, dan banyak lagi.
Dengan informasi yang diberikan oleh Google Search Console, Anda dapat membuat strategi SEO yang lebih baik dan meningkatkan visibilitas situs Anda di hasil pencarian Google.
Untuk Apa Google Search Digunakan
Kami menganggap Google Search Console adalah alat yang harus dimiliki oleh setiap pemilik situs atau web, tetapi sering diabaikan. Sayang sekali, karena GSC dapat memberikan hasil yang luar biasa bila digunakan dengan benar.
Berikut ini adalah beberapa manfaat menggunakan GSC:
- Pastikan Google dapat mengakses konten situs Anda
- Kirim URL baru untuk dirayapi
- Pantau kinerja pencarian
- Pantau dan selesaikan masalah spam
- Temukan bagaimana Google melihat situs Anda
Ini adalah salah satu tools SEO gratis terlengkap yang bisa kita manfaatkan. Faktanya, ini menyaingi tools SEO berbayar yang ada di pasaran. Ini bukan pengganti untuk semuanya, tapi ini merupakan tools yang luar biasa untuk digunakan bersama tools SEO yang lainnya.
Bagaimana menggunakan Google Search untuk Menaikan Traffic
Apakah Anda ingin tahu cara menggunakan Google Search Console untuk SEO? Ada beberapa cara yang bisa Anda gunakan terkait dengan laporan Hasil Performa website untuk meningkatkan traffic ke website Anda.
Optimalkan hasil penelusuran kata kunci yang tidak di klik
Idenya di sini adalah mencari kata kunci dengan banyak tayangan tetapi sedikit klik dan CTR-nya rendah. Apa itu CTR? CTR (Click-Through Rate) adalah rasio antara jumlah klik yang diterima oleh sebuah tautan atau iklan dibandingkan dengan jumlah tampilan atau impresi yang diterima. Dalam konteks digital marketing, CTR umumnya digunakan untuk mengukur seberapa efektif iklan atau tautan dalam menghasilkan klik atau lalu lintas ke halaman tujuan.
Misalnya, jika sebuah iklan di tampilkan sebanyak 100 kali dan di klik sebanyak 10 kali, maka CTR iklan tersebut adalah 10% (10 klik / 100 tampilan x 100%).
CTR yang tinggi menunjukkan bahwa iklan atau tautan lebih menarik bagi pengguna, sementara CTR yang rendah menunjukkan bahwa ada sesuatu yang perlu diperbaiki dalam tautan atau iklan tersebut untuk meningkatkan keterlibatan pengguna. Oleh karena itu, CTR adalah salah satu metrik penting yang digunakan dalam analisis digital marketing untuk mengukur efektivitas kampanye iklan atau tautan.
Baca juga: Jasa SEO Depok Jawa Barat
Ini adalah kata kunci yang dilihat banyak orang, tetapi mereka tidak benar-benar mengunjungi situs Anda.
Karena kata kunci ini memiliki visibilitas tinggi, Anda dapat berupaya meningkatkan keberadaan SERP Anda sehingga lebih banyak orang yang mengklik ke situs Anda.
Pertama, Anda harus menjalankan laporan sederhana.
Silahkan Mulai dari mengeklik keempat filter di Performance GSC: Klik, Tayangan, CTR, dan Posisi. Ini akan memberi kita ide bagus tentang performa setiap kata kunci dengan detail.
Ingat, kita mencari kata kunci yang memiliki jumlah tayangan tinggi, CTR rendah, dan jumlah klik rendah. Coba cari 5-10 kata kunci yang memenuhi kriteria tersebut, lalu pindahkan ke excel.
Silahkan buka Google di tab atau jendela baru, atau gunakan jendela penyamaran incognito window (privat) di Google Chrome.
Cobalah dianalisa satu persatu kata kunci yang belum dapat klik tapi banyak penayangannya, Penyebab paling umum adalah tag judul yang buruk atau deskripsi meta yang buruk.
Berikut adalah beberapa langkah yang harus Anda pertimbangkan:
Cek tag judul Anda: Ini adalah bagian terpenting , jadi Anda harus membuatnya SEO-friendly, tetapi juga menarik.
Maksimalkan deskripsi meta : Setelah melihat tag judul, deskripsi meta memberikan detail penting kepada pembaca Anda. Singkat, jelas, dan buat pembaca penasaran.
Cari dan Temukan Kata kunci di Mobile
Jika serius ingin memperbaiki SEO Website anda maka seiuslah dalam memperbaiki performa atau tampilan di mobile.
Dapatkan kata kunci yang dipakai oleh pengunjung di pencarian melalui mobile. Untuk melihat hasil pencarian melalui mobile silahkan pilih Device. Atau jika mau lebih lengkap bisa cek di google analytic. Di Google Analytic cukup lengkap datanya, kata kunci apa saja yang di pakai sama pengunjung dalam pencarian melalui mobile.
Bandingkan data dengan bulan atau tahun sebelumnya
Secara default tampilan performa ditampilkan dalam 3 bulan, namun bisa kiat set sepekan, sebulan, tiga bulan dan bisa set custom dari kapan sampai kapan.
Guna melihat perbandingan data kita bisa pilih yang compare, caranya :
Klik Date -> lalu pilih yang compare -> selanjutnya silahkan dipilih compare mingguan, bulanan, tiga bulanan atau custom.
Baca juga: 8 ide Pemasaran Konten Untuk Meningkatkan Traffic
Dari data inilah kita bisa melihat perbandingan antara data sekarang dengan sebelumnya. Dari sini kita bisa mencari faktor-faktor apa saja yang bikin naik atau turun.
Kesimpulan
Google Search Console memberikan data secara gratis kepada kita mengenai performa atau kinerja website kita, dan memberikan solusi atau tindakan yang harus kita lakukan guna penyesuaian dengan algoritma google. Sekarang kita sudah tahu penggunaan google search console dan bagaimana meningkatkan performa website kita dengan data-data yang disampaikan sama GSC. Saran kami pelajari lebih dalam lagi tentang GSC ini, barangkali ada yang belum kami bahas secara detail dalam artikel kali ini.
Apakah Anda menggunakan Google Search Console? Bidang apa yang menurut Anda paling berguna? Silakan bagikan pendapat Anda di komentar di bawah, dan selamat menganalisis data!.