Berbagai Metode dan Cara Membuat Konten yang Menarik dan Efektif untuk Berbagai Kebutuhan

Cara Membuat Konten yang Menarik dan EfektifTidak bisa dipungkiri konten adalah hal yang sangat penting di zaman teknologi dan informasi sekarang ini. Entah apapun kebutuhan Anda mulai dari meningkatkan popularitas pribadi sampai bisnis, konten yang baik, menarik dan tepat sasaran sangatlah penting untuk dibuat secara rutin. Ini dia berbagai cara membuat konten yang menarik dan efektif untuk berbagai kebutuhan dan kepentingan Anda.

Lakukan Riset yang Mendalam

Hal pertama yang perlu Anda lakukan untuk membuat konten yang menarik dan efektif adalah melakukan riset yang menyeluruh dan mendalam. Dalam riset ini, Anda harus tahu siapa target audiens yang hendak dicapai beserta detailnya seperti umur dan gender, apa yang target audiens tersebut sukai, serta media apa yang target audiens tersebut biasa gunakan dalam kehidupan sehari-hari untuk melihat konten.

Baca juga: Jasa SEO Depok Terbaik

Melakukan riset sebelum merancang konten adalah hal yang sangat krusial karena ini akan memastikan bahwa konten yang nantinya akan dibuat bisa tersalurkan dengan tepat. Ini akan memastikan konten yang efektif serta Anda tidak akan membuang-buang waktu, tenaga dan uang untuk membuat konten yang ternyata tidak diinginkan atau disukai oleh target audiens Anda.

Tidak hanya kepada target audiens, Anda juga bisa dan perlu melakukan riset terhadap kompetitor Anda. Hal ini bukan untuk mengambil dan meniru konsep atau ide mereka, namun untuk melakukan perbandingan. Pastikan setelah melihat kompetitor, Anda bukannya meniru konten mereka tapi membuat konten Anda sendiri yang jauh lebih baik dan menarik.

Selain riset terhadap audiens dan kompetitor, tentu Anda juga perlu melakukan riset tentang tren apa yang sedang populer. Hal ini cukup sulit dilakukan karena tren biasanya akan berganti dengan sangat cepat sehingga sulit untuk dikejar. Jadi jika tren dirasa akan terasa singkat, buatlah konten dengan cepat supaya Anda tidak ketinggalan tren.

Buatlah Konten yang Orisinil

Setelah melakukan riset baik terhadap target audiens, kompetitor dan juga tren, hal selanjutnya yang perlu Anda pastikan adalah bahwa konten Anda adalah sesuatu yang orisinil. Untuk ini, pastikan tim kreatif Anda mampu melahirkan ide-ide baru yang segar dan out of the box.

Kalau tren tentu bisa ditiru dan diikuti, tapi tidak dengan kontennya sendiri. Konten yang dibuat dari hasil meniru konten orang lain atau kompetitor akan justru membuat reputasi Anda turun. Hal ini tentu akan membuat kampanye marketing atau promosi Anda tidak akan sukses dan justru akan berakibat negatif.

Baca juga: Kursus Google Ads

Untuk membuat konten yang orisinil, galilah dengan dalam apa yang menjadi identitas Anda atau bisnis Anda. Ketahui kesukaan Anda, latar belakang Anda mendirikan bisnis tersebut dan cerita-cerita Anda yang sudah pasti akan unik dan berbeda dari orang lain. Kemudian jadikanlah hal-hal yang ditemui sebagai basis dalam membuat konten yang orisinil dan berbeda dari orang lain.

Temui dan Gunakan Perspektif yang Unik

Cara membuat konten yang menarik dan efektif selanjutnya adalah adalah dengan menemukan lalu menggunakan sudut pandang atau perspektif yang berbeda dan unik. Hal ini akan sangat krusial mengingat kita hidup di dunia di mana konten baru selalu muncul setiap detik sehingga akan cukup sulit untuk membuat konten Anda berbeda dari yang lain.

Di sinilah sudut pandang yang berbeda akan berperan sangat penting. Caranya adalah dengan menelaah konten-konten serupa dan kemudian mencermati bagian-bagian apa saja yang hilang, kurang dan masih bisa diperbaiki atau ditingkatkan.

Gunakan Media Gambar dan Video Secara Maksimal

Indonesia adalah salah satu negara dengan minat baca paling rendah di dunia. Oleh karena itu, menggunakan media tulisan sebagai media utama dalam kampanye marketing dan promosi sama saja dengan melakukan sesuatu yang tidak berguna. Namun bukan berarti bahwa tulisan tidak diperlukan sama sekali.

Tulisan tentu saja tetap akan diperlukan namun hanya untuk informasi yang sangat penting saja misalnya nama brand, harga, diskon, durasi waktu promosi, dan-lain-lain. Sedangkan untuk sisanya, pastikan Anda menggunakan gambar dan video yang jauh lebih menarik dan mudah dicerna oleh sebagian besar masyarakat Indonesia.

Namun gambar dan video yang digunakan juga harus dirancang dengan baik dan teliti. Jangan sampai warna yang digunakan justru menyusahkan calon konsumen untuk melihatnya atau membaca informasi yang disediakan. Untuk video juga pastikan inti promosi disampaikan dengan baik dan singkat namun tetap berkesan di mata konsumen.

Unggah Konten Secara Rutin dan Timing yang Tepat

Dalam membuat konten yang menarik dan efektif, bukan hanya rancangan dan isi konten saja yang menarik melainkan juga seberapa rutin Anda mengunggahnya. Pastikan Anda selalu mengunggah konten secara rutin supaya calon konsumen tidak cepat lupa dengan brand atau barang yang sedang Anda promosikan.

Selain itu, waktu pengunggahan pun harus dilakukan dengan timing yang tepat. Biasanya waktu terbaik untuk mengunggah konten adalah jam 8 sampai 10 untuk pagi hari, jam 11 sampai 1 untuk siang hari dan sedangkan untuk sore hari mulai dai jam 5 sampai 6 sore. Timing yang tepat memastikan bahwa konten Anda dilihat sebanyak mungkin orang.

Itu dia berbagai cara membuat konten yang menarik dan efektif. Pastikan untuk mengikuti tips-tips di atas supaya konten Anda tetap unik dan relevan di tengah ribuan bahkan jutaan konten lainnya. Selamat mencoba!

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *