Pengertian Conversion Rate dan Cara Meningkatkannya Secara Efektif
Conversion Rate dan Cara Meningkatkannya – Pebisnis di era digital seperti sekarang dijamin sangat mengandalkan digital marketing atau pemasaran online. Teknik pemasaran online ini terus berkembang sehingga menyajikan pilihan yang beragam untuk hasil yang efektif sesuai karakter produk atau jasa yang dimiliki. Namun, bagaimana cara pebisnis mengetahui bahwa teknik pemasaran yang dilakukan sudah berhasil? Rupanya mengetahui hal tersebut menjadi lebih mudah dengan mengandalkan conversion rate.
Pengertian dari Conversion Rate
Pemasaran online bisa dilakukan dengan sangat mudah, yakni cukup dengan memasang iklan berbayar di internet. Baik beriklan lewat media sosial, Google, Youtube, maupun marketplace dan lain sebagainya. Namun dari sekian teknik pemasaran online yang dilakukan, apakah memberikan dampak positif bagi bisnis yang digeluti?
Menebak sendiri mengenai efek dari pemasangan iklan online berbayar bisa memicu masalah. Sebab Anda kesulitan mengenal konsumen dan menyajikan apa yang mereka butuhkan dari produk Anda. Solusi dari permasalahan ini adalah melihat data dari conversion rate yang akan memberikan penilaian objektif dan aktual.
Adapun conversion rate sendiri adalah kondisi dimana pengguna internet melakukan interaksi di website maupun akun media sosial yang berpotensi menguntungkan bisnis Anda. Misalnya saja dengan melakukan pemesanan produk atau jasa, mendaftar menjadi member, menjadi subscriber, memberi like, mengunduh e-book, dan lain sebagainya.
Conversion rate sendiri terbentuk dengan menghitung total jumlah pengunjung website atau akun kemudian dibandingkan dengan jumlah pengunjung yang melakukan interaksi tadi. Semakin banyak interaksi atau conversion rate maka semakin efektif teknik pemasaran online yang digunakan, pun sebaliknya.
Cara Mudah Meningkatkan Conversion Rate
Meningkatkan conversion rate kemudian menjadi kebutuhan dan keharusan bagi pelaku bisnis. Terdapat sejumlah cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkannya, seperti:
- Melakukan Uji Coba pada Landing Page
Membuat halaman landing page penting untuk dilakukan, dan halaman ini ideal untuk diiklankan. Halaman ini bisa berisi dengan kalimat promosi secara penuh atau hard selling. Ketika halaman ini dibuat dan dipublikasikan, pastikan melihat efek setelahnya jika ada interaksi dan terbentuk omset penjualan maka bisa diteruskan.
- Mengoptimalkan Customer Service
Menyediakan layanan customer service berdampak baik untuk membangun kenyamanan dan kepercayaan konsumen. Tidak ada salahnya melakukan optimalisasi di sisi ini, misalnya dengan fast respon baik di jam kerja maupun di luar jam kerja tersebut.
- Mengoptimalkan Artikel di Blog atau Web
Pengelolaan website dengan baik akan meningkatkan conversion rate secara alami. Salah satunya dengan memaksimalkan artikel yang dipost di website atau blog perusahaan. Pastikan berkualitas dan sesuai dengan karakter maupun kebutuhan target pasar. Bahasa yang digunakan pun sebaiknya disesuaikan dengan target pasar, agar lebih tepat sasaran.
- Mengelola Sosial Media dengan Tepat
Tidak hanya blog atau website yang perlu dikelola dengan baik, akun bisnis di media sosial pun demikian. Sebab beberapa konten akan diarahkan ke website khususnya di halaman landing page. Maka penting untuk mengelolanya dengan cermat pula, apalagi sosial media menjadi akses termudah bagi pebisnis untuk menjalin interaksi dengan target pasar.
Usahakan membuat konten menarik dan baik desain maupun gaya bahasa disesuaikan dengan target pasar. Selain itu perlu posting secara terjadwal untuk menjaga sekaligus meningkatkan insight maupun interaksi.
Ada banyak hal perlu dilakukan untuk memaksimalkan conversion rate, dan memang akan memerlukan waktu sampai hasilnya terlihat. Jika ingin lebih mudah atau mungkin lebih praktis Anda bisa menghubungi kontak 089653312998 untuk meningkatkan conversion rate bisnis Anda. Semoga artikel Conversion Rate dan Cara Meningkatkannya kali ini bermanfaat dan menjadi inspirasi buat bapak/ibu