Berkenalan Lebih Dalam dengan Google Analytic 

Mengenal Google AnalyticMengenal Google Analytic – Bagi siapa saja yang sedang sibuk membangun bisnis online tentu akan tertarik sekaligus tertantang untuk menaklukan jaringan internet agar bisa sukses. Saat ini bisnis online yang sukses tidak bisa lepas dari adanya pemanfaatan internet secara tepat. Ada banyak sejumlah tools atau alat bantu yang dapat dan perlu dipakai untuk menunjang masa depan bisnis online. Salah satunya yaitu Google Analytic, berikut ini penjelasan lengkapnya dalam artikel Mengenal Google Analytic

Bahasan :

Apa itu Google Analytic

Tipe Laporan yang Ditampilkan Google Analytic

Apa Itu Google Analytic? 

Bagi sebagian orang tools bertajuk Google Analytic rasanya masih terdengar asing, apalagi jika pemain baru yang baru terjun beberapa hari di dunia dalam bisnis online. Jadi, Google Analytic sendiri adalah sebuah layanan gratis yang disediakan oleh Google buat membantu mengetahui statistik pengunjung dari sebuah website.

Google Analytic mempunyai kemampuan buat menghitung jumlah pengunjung sebuah website dalam periode tertentu, atau di hari itu juga bahkan detik itu juga bisa tahu pengunjung web. Sumber perhitungannya kompleks bisa dari halaman pengacu, layanan iklan dari Google, hasil mesin pencari, iklan, email marketing, pay per click, serta juga dari tautan yang di dalamnya terdapat dokumen dalam format PDF.

Google Analytic juga dapat ditautkan dengan layanan iklan berbayar dari Google, yaitu Google Adwords alias Google Ads. Sehingga pengusaha yang memakai Google Ads bisa tahu seberapa efektif iklan yang dijalankan terhadap website perusahaan. Namun tergantung dari target yang diinginkan, apakah dari omset penjualan atau dari kenaikan jumlah traffic.

Menggunakan layanan analitic dari google bisa didapatkan secara gratis sehingga hal ini juga sangat menguntungkan para pengusaha, karena memberi banyak manfaat sebagai berikut:

  • Membantu kegiatan pelaporan terhadap aktivitas pemasaran secara online.
  • Menjadi media guna membantu mengenal karakter dari konsumen atau pelanggan dengan mengandalkan data yang dirangkum oleh Google Analytic.
  • Media untuk mencari dan mendapatkan wawasan baru di dalam bisnis dan dijamin menggunakan data yang aktual.

Tipe Laporan yang Ditampilkan Google Analytic 

Laporan dari berbagai informasi terkait analitik website maupun iklan yang dimiliki oleh Google Analytic dihadirkan dalam beberapa bentuk. Diantaranya:

  1. Real Time 

Jenis laporan pertama yang bisa ditampilkan oleh Google Analytic adalah laporan Real Time. Sesuai dengan namanya laporan ini sifatnya berisi data saat itu juga, umumnya laporan dalam jangka 30 menit terakhir. Isi laporannya pun hanya beberapa hal penting seperti asal pengunjung, halaman yang dituju, pelacakan tombol, dan konversi.

  1. Audience atau Pengunjung 

Jenis laporan berikutnya yaitu laporan Audience Report atau laporan terkait pengunjung. Biasanya laporan ini dapat mendefinisikan pengunjung yang masuk ke website secara lengkap dan detail. Misalnya informasi mengenai kota pengunjung, umur, perangkat yang dipakai mulai tipe sampai merek, gaya hidup, dan juga minat.

  1. Akuisisi Pengunjung 

Akuisisi pengunjung atau Acquisition Report dapat dikatakan sebagai jenis laporan yang banyak dituju oleh pengguna Google Analytic. Karena laporan yang disajikan akan menampilkan bagaimana pengunjung dapat masuk ke website. Sehingga kita bisa meng beetahuiberapa hal yaitu:

  • Kegiatan promosi online mana yang efektif? (Google Ads, facebook, Influencer, atau yang lainnya).
  • Berapa lama pengunjung mampir ke salah satu halaman website.
  • Mengecek media atau platform mana yang sebaiknya dioptimalkan dan yang perlu dihentikan penggunaannya.
  1. Perilaku Pengunjung (Behavior) 

Laporan berikutnya adalah Perilaku Pengunjung atau Behavior Report, yang berisi detail informasi lengkap mengenai karakter pengunjung. Misalnya konten apa saja yang diminati, berapa lama kunjungan dilakukan, halaman mana yang banyak diakses, dan lain-lain.

  1. Laporan Konversi 

Laporan berikutnya adalah Laporan Konversi yang bisa membantu melacak apakah karakter pengunjung sudah sesuai dengan target pasar yang disasar atau dituju. Misalnya buat melacak jumlah pengguna yang menghubungi kontak, melakukan pembelanjaan (misal memasukan barang ke keranjang belanja), omset penjualan, dan sebagainya

Dengan kita menggunakan Google Analytic maka data-data penting terakit promosi kita pegang, sehingga langkah apa berikutnya bisa diputuskan dengan berdasarkan informasi yang didapat dari google analytic.

Sudah saatnya para pebisnis Online, UKM, Perusahaan yang sudah Go Online dan memiliki website untuk memasang google analytic. Jangan tunda untuk menggunakannya, karena google analytic sangat kita butuhkan.

Semoga tulisan kali ini bermanfaat, bagi bapak/ibu yang ingin usahanya Go Online dan saat ini belum memiliki website silahkan bisa menghubungi kami. Kami menyediakan Jasa pembuatan website dan SEO untuk optimasi agar web masuk dihalaman satu mesin pencari.Silahkan hubungi kami di 0896-5331-2998

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *