Serunya Pendampingan Emak-Emak WUB Kelurahan TaposĀ – Alhamdulillah dengan izin Allah SWT, pendampingan WUB kelurahan Tapos kali ini bisa bersilaturahmi ke rumah salah satu peserta wirausaha baru Ibu Midah yang berlokasi di Kp kebayunan jl arjuna rt02 rw 18, Kec. Tapos, Kota Depok, Jawa Barat 16957 (Jasa Jahit Medis) selasa 01 November 2022 mulai jam 10.30 – 12.30. Peserta yang hadir Alhamdulillah ada 9 orang antara lain : Bu Midah sebagai tuan rumah, Bu Mulyani, Bu Jami, Bu sumirah, Bu Nur, Bu Eka, Bu Neneng, Bu Dewi dan Bu Juwaroh.
Walaupun beberapa peserta sempet nyasar termasuk pendamping, Alhamdulillah akhirnya bisa ketemu lokasi rumah bu midah. Setelah semua kumpul acarapun dimulai dengan agenda pendampingan, dibuka oleh tuan rumah kemudian dilanjutkan dengan evaluasi dan materi. Sesi pertama adalah evaluasi dan konsultasi seputaran BMC (bisnis model canvas), keuangan, Visi Misi dan hal lain yang terkait dengan pernak-pernik dunia usaha UMKM. Sesi pertama selesai jam 11.00 kemudian dilanjutkan dengan materi. Untuk materi kali ini adalah seputar “Copywriting”. Bagaimana membuat iklan dalam bentuk narasi yang menarik dan tidak terkesan sedang jualan. Target dari materi ini adalah para peserta WUB bisa menyusun materi iklan terkait produk atau jasanya dengan teknik copywriting.
Diluaran sana banyak sekali metode copywriting, namun beberapa pakar copywriting seperti kang Dewa Eka Prayoga menyederhanakan konep copywriting menjadi lebih simpel dan mudah untuk di ikuti. Selain itu konsep AIDA dalam copywriting juga memudahkan kita dalam belajar. Konsep AIDA dipakai juga oleh kementerian Koperasi dan UKM untuk materi Uji Sertifikasi Digital Marketing. Jadi mau pakai AIDA atau konsepnya Kang Dewa sama aja karena ada kemiripan.
Copywriting adalah proses menulis materi pemsaran dan promosi persuasif yang memotivasi orang untuk mengambil beberapa tindakan seperti melakukan pembelian, mengkilk tautan, sharing link, dan mempengaruhi orang untuk menghubungi.
Berikut Copywriting Model AIDA :
- Attention : tujuan utamanya adalah untuk menarik perhatian dari pembaca yang menjadi target konsumen kita
- Interest : Membuat pembaca menjadi tertarik dengan content iklan kita
- Desire : Memainkan emosi sehingga bisa membuat calon pelanggan benar-benar produk yang sedang kita tawarkan
- Action : Mengajak calon pelanggan untuk melakukan suatu tindakan agar membeli produk yang sedang kita tawarkan dalam konten copywriting
Contoh :
Berikut elemen Copywriting Model Kang Dewa :
1. Headline
2. Stick Point
3. Deskripsi manfaat
4. Call To Action (CTA)
Headline
Pertama adalah membuat headline yang bikin orang penasaran dan mau membaca pesan yang kita sampaikan. Berikut beberapa Model headline yaitu :
Pertama headline Solusi, kata kunci bagaimana, cara, rahasia, strategi, langkah.
Contoh : 3 langkah sederhana yang bikin saya banjir order setiap hari
Kedua headline Bikin Kepo, kata kunci : ini, highligh.
contoh : 3 cara diet tanpa olah raga (No. 3 favorite saya)
Ketiga headline negatif, kata kunci : menggunakan kalimat negatif dan larangan. Contoh : Hindari 3 kebiasaan ini kalau anda ingin sehat hingga tua
Keempat headline anti mainstream, kata kunci : mengungkapkan hal unik, pemahaman baru.
Contoh : Cara diet dengan tetep makan enak
Kelima headline spesifik, kata kunci : untuk siapa, profesi apa, kondisinya gimana, gunakan angka.
Contoh : Cara hasilkan 10 juta per bulan dari Facebook
Stick Point
Untuk menyamakan frekuensi, membuat pembaca mearasa “ini gue banget”. Tips : Gunakan data pendukung, pilih tema yang disukai pembaca, gunakan kalimat yang bikin pembaca merasa “ini gue banget”.
Contoh: Menurut data WHO penyebab terbesar kematian adalah penyakit jantung, pinginnya langsing tapi sibuk dan gak punya waktu buat oleh raga.
Deskripsi Manfaat
Membuat calon pembeli sadar keuntungan apa saja yang bakal didapatkan setelah menggunakan produk atau jasa kita.
Rumusnya :
Ini adalah (desripsi produk)
Yang membantu (target market)
Untuk (manfaat yang didapat)
Dengan (fitur unik produk)
Contoh : Ini adalah audio digital yang membantu anak untuk menghafal surat pendek dengan bentuk lucu seperti mainan sehingga membuat anak seperti bermain saat belajar menghafal.
Call To Action
Memberitahu langkah apa yang harus dilakukan
Contoh :
- Untuk konsul dan order, langsung aja chat ke …
- Miliki sekarang juga
- Tinggal 3 seat lagi, amankan sekarang!
Saking asyiknya menyampaikan materi tak terasa waktu sudah menunjukan jam 12.30, pantesan perut sudah mulai bergejolak. Akhirnya materi dicukupkan sampai disini dan tugas buat peserta WUB adalah membuat iklan dengan konsep Copywriting dalam bentuk narasi. Habis Belajar Terbitlah Praktek.
Acara pendampinganpun ditutup pas jam 12.30, kemudian dilanjutkan dengan makan siang dan ngrujak. MasyaAllah semua sudah disiapkan sama tuan rumah semoga berkah dan dimudahkan rizkinya dan dilancarkan usahanya. Selesai makan siang lalu sholat dhuhur bergantian, kemudian tak lupa tuk foto-foto dan ngobrol santai.
Semoga kegiatan pendampingan model begini (datang kerumah peserta WUB) menambah semangat para peserta WUB untuk terus bergerak dan take action. Akhir kata kita berdoa kepada Allah SWT semoga dimudahkan semua usaha kita dan sukses bersama, Aamin