Apa Itu SEOApa Itu SEO – SEO atau Search Engine Optimization adalah teknik optimasi web atau blog agar masuk halaman satu google dengan cara organik. Secara sederhana, ini adalah prosedur untuk meningkatkan situs agar terindex di halaman google sehingga memudahkan client mencari produk atau layanan kita dihlaman satu google.

Semakin tinggi visibilitas halaman web dalam hasil pencarian, maka semakin besar kemungkinan web kita ditemukan dan di klik. Dari hasil klik ini diharapkan akan banyak kunjungan ke web dan menghasilkan order.

Mesin pencari seperti Google menggunakan bot untuk memindahkan halaman secara perlahan di internet, mengcrawl dari situs web ke situs, mengumpulkan statistik tentang halaman tersebut dan memasukkannya ke dalam indeks.Ibarat indeks ini seperti perpustakaan raksasa di mana seorang pustakawan dapat menarik e-book (atau halaman web web) yang akan membantu Anda menemukan apa yang Anda cari tepat waktu.

Baca juga: Jasa SEO Depok

Selanjutnya, algoritma google menganalisis halaman di dalam indeks, mempertimbangkan banyak elemen peringkat atau peringatan, untuk memutuskan halaman harus tampak dalam pencarian dengan kueri tertentu. Dalam analogi perpustakaan, pustakawan telah membaca setiap buku di dalam perpustakaan dan dapat memberi tahu dengan tepat dimana letak dan posisi buku.

Faktor keberhasilan dalam optimasi ini sangat ditentukan oleh sejauh mana kita menyesuaikan konten web dengan algoritma-nya si google. Semakin google Friendly Web kita maka Google akan cepat mengindex dan meranking posisi web kita. Jadi pengetahuan kita tentang perkembangan algoritma google harus selalu update agar tidak ketinggalan teknik terbaru.

Perbedaan SEO dan SEM

Tidak seperti iklan pencarian berbayar atau dikenal dengan istilah SEM, kita tidak bisa membayar mesin google untuk mendapatkan skor pencarian alami atau organik yang lebih baik. Teknik-teknik terbaru seperti kecepatan web, mobile friendly, konten yang menarik dan original, setup onpage yang terbaru dan offpage yang terupdate dan aman.

Walapun sekilas kelihatan sama, search engine optimization adalah sesuatu hal yang sangat berbeda dengan SEM (Search Engine Marketing). Perbedaan SEM dan  SEO yaitu pada fokusnya.

SEO Google fokus pada meningkatkan performa website, sedangkan SEM fokus menjaring hasil (traffic hingga konversi) secara instan. Karena dengan SEM iklan akan langsung muncul di halaman google sesuai pencarian

Walaupun SEM bisa mendatangkan hasil secara cepat dan instan, namun bukan berarti SEO website kurang efektif.

Ini buktinya, 70-80% orang mengabaikan hasil pencarian iklan berbayar dan lebih memilih konten yang naik secara alami atau organik. Kenapa? karena kebanyakan orang malas untuk mengklik konten yang ada embel-embel iklannya.

Manfaat SEO

Barangkali Anda bertanya-tanya dalam hati, kenapa harus pakai SEO sih? Emangnya dengan SEO dijamin bakalan naik traffic dan order? dan juga kan bisa promosi via channel marketing lainnya, seperti memasang link website di bio Instagram, memakai fitur swipe up, dan pakai tiktok yang lagi ngtrends sekarang ini.

Nah ini dia hal penting yang mau kita share dalam artikel kali ini tentang SEO, perlu diketahui bahwa sebagian besar traffic utamanya website bisnis itu datangnya dari mesin pencarian. Apapun bidang industrinya: mau eknologi, fesyen, kesehatan, makanan dan yang lainnya.

Seperti yang kita ketahui bahwa, jumlah traffic berpengaruh terhadap keberhasilan website untuk mencapai omset yang di target. Dan SEO adalah salah satu penyumbang terbesar terhadap peningkatan traffic web. Berikut ini kita kupas manfaat SEO untuk WEB kita, menjawab pertanyaan kenapa harus pakai SEO?

1. Memudahkan pengunjung menemukan website

Sampai saat ini Strategi SEO merupakan cara ampuh dalam mendatangkan pengunjung ke website. Pengunjung dengan mudah menemukan web kita ketika dengan kata kunci tertentu website kita beraa dihalaman satu google. Cukup ketika kata kunci pengunjung akan dihidangkan dengan pilihan alamat web yang berada di halaman satu. Cukup klik pengunjung sudah bisa berselancar di web kita.

2. Menjaring target pengunjung yang tepat

Buka hanya membantu pengunjung mendapatkan website, SEO Google juga membantu kita dalam menjaring target pengunjung yang tertarget.

Orang yang mencari google umumnya sedang mencari : Prouk atau jasa, pengetahuan atau edukasi. Sangat tertarget, dengan algoritma google pencarian akan muncul sesuai dengan kata kunci yang di ketik di mesin pencari. Google akan menampilkan web-web yang relevan atau terkait, sehingga sangat tertarget sekali.

Alasannya, Anda bisa membidik kata kunci sesuai dengan search intent atau tujuan audiens dalam menelusuri keyword tertentu.

Misalnya kita mencari dengan kata kunci kursus SEO depok, maka akan muncul website-website yang sudah menerapkan optimasi dengan kata kunci SEO Depok.

kata kunci kursus SEO depok

3. Membangun Brand Awareness

Cara paling gampang dan simpel yang dapat orang lakukan buat menemukan produk atau jasa yang mereka butuhkan adalah dengan: mencari info di Google.

4.Investasi Jangka Panjang

Nah ini yang paling menarik, SEO sebagai investasi jangka panjang, kenapa? karena SEO Google bisa memperbesar kesempatan bisnis. Apalagi, jika hasil pencarian yang relevan dapat mempengaruhi 39% keputusan calon pembeli.

Dengan strategi SEO maka akan menghadirkan traffic yang alami, posisi situs di Mbah Google akan lebih kuat dan dapat bertahan untuk jangka waktu yang lama.

Beda halnya dengan PPC atau Pay per Click (iklan) yang jika kita berhenti membayar, maka traffic langsung terjun bebas ke 0 alias hilang.

5. Meningkatkan Penjualan Konversi

Terbukti, 75% pengusaha berpendapat bahwa search engine optimization atau SEO membuahkan hasil lebih banyak pelanggan dibanding dengan teknik marketing lainnya. Bahkan, tingkat konversinya mencapai 14,6%, mantap kan?.

Jenis – Jenis SEO

Setelah kita memahami apa itu SEO, Perbedaanya dengan SEM, dan manfaat SEO itu sendiri maka selanjutnya adalah kita bahas apa saja jenis-jenis SEO atau teknik alam SEO itu apa saja sih? Ada tiga jenis SEO diantaranya :

  1. SEO Onpage
  2. SEO Offpage 
  3. Technical

SEO Onpage adalah cara mengoptimasi pada bagian dalam website, seleng. Sedangkan Offpage atau sering dikenal dengan backlink adalah sumber link dari website yang sejenis dan memiliki reputasi yang baik imata google.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *