Definisi Digital Marketing dan Manfaatnya untuk Bisnis

Digital Marketing AdalahDigital marketing adalah suatu upaya pemasaran produk maupun jasa melalui media digital dan memanfaatkan teknologi informasi terkini, dalam hal ini terutama internet. Tujuannya tentu untuk menarik perhatian konsumen lebih luas dan lebih cepat serta meningkatkan permintaan dengan lebih efektif dan efisien, mengingat semakin majunya perkembangan teknologi dewasa ini. Tak heran, kini semakin banyak pemilik bisnis yang menggunakan strategi digital marketing untuk memasarkan produk dan jasanya.

Bagaimana Para Ahli Mendefinisikan Digital Marketing

Menurut beberapa ahli, definisi digital marketing adalah sebagai berikut:

  • Suatu proses perencanaan yang meliputi beberapa tahapan yaitu konsep, ide, harga, promosi dan distribusi, serta strategi pelaksanaannya. (Kleindl dan Burrow – 2005)
  • Suatu aktifitas marketing dengan memanfaatkan beragam media digital, termasuk untuk tujuan branding. (Ridwan Sanjaya & Josua Tarigan – 2009)
  • Suatu kegiatan marketing menggunakan internet dan teknologi yang bertujuan memperluas dan meningkatkan fungsi marketing tradisional. (Urban – 2004)
  • Pemanfaatan internet dan teknologi interaktif agar terjadi komuniaksi antara perusahaan dan konsumen yang ditargetkan. (Coviello, Milley dan Marcolin – 2001)
  • Suatu kegiatan pemasaran dengan memanfaatkan teknologi digital sesuai kebutuhan konsumen. (Chaffey – 2009)

Manfaat digital marketing untuk bisnis

Jika dibandingkan dengan kegiatan pemasaran tradisional, strategi marketing melalui media digital dapat memberikan banyak manfaat pada bisnis, di antaranya:

  • Lebih efisien

Anda tentu familiar bukan dengan media social seperti Facebook, Whatsapp. Twitter, Instagram dan Tiktok. Tidak hanya sebagai media komunikasi, platform-platform tersebut juga ternyata dapat dimanfaatkan sebagai tempat untuk branding dan beriklan. Makanya, digital marketing dikenal lebih efisien karena pemilik usaha tidak perlu mengeluarkan biaya untuk mencetak konten iklan mereka.

  • Jangkau target pasar lebih luas dan spesifik

Teknologi internet semakin berkembang dan penggunanya juga semakin banyak. Bahkan, perkembangan ini memungkinkan terjadinya komunikasi antar negara dan benua. Tak heran, jangkauan pemasaran digital juga bisa lebih luas. Selain itu, konten iklan yang tampil di akun media social masing-masing orang juga berbeda, tergantung personalisasi profil yang sudah dipilih. Makanya, pemilik bisnis dapat lebih mudah membidik target konsumennya, misal berdasarkan latar belakang tertentu sepertu umur, domisili dan pendidikan.

  • Meningkatkan potensi penjualan

Semakin luasnya jangkauan pemasaran, maka semakin banyak pula calon konsumen yang dapat ditarget. Artinya, potensi penjualan dapat lebih tinggi apabila perusahaan memanfaatkan strategi digital marketing.

  • Menciptakan komunikasi dengan pelanggan

Digital marketing adalah proses pemasaran yang memungkinkan terjadinya komunikasi dua arah, yaitu antara perusahan dan pelanggan. Konsumen dapat langsung mengajukan pertanyaan melalui media yang sama dengan memanfaatkan fitur komunikasi yang tersedia, bahkan adapula yang dapat langsung bertransaksi serta memberikan tanggapan berupa review atau semacamnya tanpa harus berpindah ke media lain. Perusahaan sendiri juga tidak perlu menunggu terlalu lama untuk menanggapinya, apalagi jika menyediakan layanan online selama 24 jam.

  • Sumber data lebih cepat dan lebih akurat

Kelebihan melakukan pemasaran secara digital yaitu kemudahan dalam memperoleh data dengan lebih cepat dan akurat. Perusahaan membutuhkan informasi tersebut untuk bisa melakukan evaluasi terhadap strategi marketing yang diterapkan, apakah mampu mendatangkan target penjualan atau tidak.

  • Memberi kesempatan bersaing dengan perusahaan besar

Keuntungan lainnya dari digital marketing adalah adanya kesempatan bagi setiap pemilik usaha untuk bersaing dengan kompetitor, termasuk yang sudah kelas atas. Dengan strategi pemasaran yang tepat, bisnis startup pun mampu memenangkan hati pelanggan tanpa harus mengeluarkan biaya besar.

Macam-macam teknik digital marketing

Pilihan teknik pemasaran digital lebih variatif dibandingkan pemasaran tradisional. Selain itu, pemilik usaha juga bisa menggunakan lebih dari satu, disesuaikan kebutuhan dan target yang ingin dicapai. Berikut ini beberapa teknik yang biasa digunakan dalam digital marketing:

  • Content marketing – menayangkan konten secara rutin, bermanfaat dan relevan yang secara langsung atau tidak langsung (softselling dan hardselling) memasarkan produk atau jasa dalam bentuk video, artikel, e-book dan sebagainya.
  • Social media marketing – teknik pemasaran melalui media social seperti Facebook dan Twitter, yang tujuan utamanya untuk membangun branding dan meningkatkan kesadaran konsumen akan keberadaan bisnis atau produk yang mereka butuhkan.
  • Email marketing – metode satu ini memanfaatkan media email, dimana calon konsumen dan konsumen loyal akan menerima surat elektronik berisikan info produk terbaru atau promo menarik secara berkala dari pemilik usaha.
  • Google Ads – layanan berbayar dari Google bagi siapapun yang ingin produk atau bisnisnya terlihat di halaman utama mesin pencari dengan membidik kata kunci tertentu. Semakin popular kata tersebut, semakin tinggi tarif yang dikenakan.

Memanfaatkan jasa digital marketing

Jasa digital marketing adalah layanan profesional yang membantu klien menjalankan strategi pemasaran bisnis dan mencapai target dengan baik. Jasa ini semakin populer di kalangan masyarakat karena menawarkan beberapa kelebihan di antaranya:

  • Membangun branding lebih cepat

Proses branding menjadi bagian penting dalam digital marketing. Ibarat pepatah “tak kenal maka tak saying”, bisnis Anda pun harus bisa dan mudah diingat oleh target pasar. salah satu teknik yang umumnya digunakan yaitu melalui media social. Anda dapat mengandalkan penyedia jasa digital marketing untuk membangun branding dengan strategi yang terstruktur dan tepat sasaran.

  • Pengusaha bisa tetap focus menjalankan bisnisnya

Dengan mempercayakan urusan pemasaran digital ke ahlinya, Anda bisa tetap focus pada bisnis yang digeluti. Misalnya memprioritaskan perbaikan kualitas produk dan melakukan beragam inovasi untuk lebih dipercaya oleh para konsumen.

  • Hasil lebih maksimal

Perusahaan jasa digital marketing tidak hanya dijalankan oleh mereka yang memiliki pengetahuan, keahlian dan pengalaman di bidang pemasaran digital, tetapi juga dibekali dengan peralatan yang mendukung kinerja untuk memperoleh hasil yang maksimal.

Nah, dari pengertian digital marketing dan manfaat menggunakan jasa profesional, tentu Anda sudah memperoleh gambaran bagaimana upaya pemasaran ini akan berdampak pada bisnis Anda dalam waktu jangka panjang. Untuk itu, tidak perlu ragu untuk segera menghubungi spesialisasi Jasa Digital Marketing melalui kontak 0896-5331-2998.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *